Jalan Irian No. 20 RT 05 RW 02 085223995063 info@darussalamkasomalang.sch.id

Pembelajaran bahasa asing (Arab & Inggris) di Pondok Pesantren Darussalam

Rabu, 15 April 2020 | Berita | ditulis oleh Administrator 2944 | 0

Pondok Pesantren Darussalam adalah pondok yang tepat untuk belajar bahasa asing-khususnya bahasa Arab dan bahasa Inggris. Disini para santri akan diberikan pembelajaran tentang bahasa setiap harinya. Belum lagi, para santri diwajibkan untuk berbicara resmi (Arab & Inggris) setiap harinya. Penasaran? Kegiatan pembelajaran bahasa apa saja sih yang ada? Mari kita ikuti penjelasannya dibawah ini yah.

Supaya mudah dipahami, ana akan membaginya menjadi beberapa kegiatan. Yaitu kegiatan harian, mingguan dan bulanan. 

A. Kegiatan Harian

Kegiatan harian ini dimulai ketika para santri membuka matanya untuk bangun tidur, karena sudah pasti ketika mereka bangun mereka harus berbicara resmi hehe. Kegiatan-kegiatan harian ini diantaranya adalah:

1. Tarkib dan Structure

Program ini bertujuan untuk mengembangkan pengetahuan santri khususnya dalam penempatan kata pada sebuah kalimat atau cara penggunaan kalimat sesuai konteks. Program ini diadakan ± selama 20 menit sebelum acara muhadatsah.

Adapun materi yang diajarkan pada program ini yaitu bahasa Arab untuk kelas 1 KUI dan kelas 1 INT semester 1 dan bahasa Inggris untuk kelas 2 KUI dan kelas 1 INT semester 2.

2. Muhadatsah

Program ini diadakan lima kali dalam satu minggu di pagi hari dengan durasi waktu ± 30 menit. Bertujuan untuk melatih santri dalam berbicara bahasa Arab dan Inggris sekaligus ajang untuk mempraktekkan kosa kata yang telah didapat. 

Adapun pembimbing untuk program ini diambil dari para asatidz dan CLI yang insyaallah mumpuni dalam bidang bahasa. Materi yang diajarkan adalah satu judul untuk satu minggu, dimulai dari hari sabtu.

3. Idza’ah Shobahiyah

Program siaran atau sering disebut idza’ah ini mempunyai peran penting dalam pembelajaran bahasa di Darussalam. Program ini melatih para santri untuk menampilkan kemampuan berbahasanya agar didengar oleh semua santri. Ia juga melatih mental santri untuk berbicara di depan banyak orang.

Adapun poin-poin yang ditampilkan pada program ini adalah : Pembacaan ayat suci Al Qur’an, qiroah al maddah, al hiwar al mubasyar dan pembacaan mufradat yaumiyah yang kesemuanya diambil dari para santri mulai dari kelas 1 KUI sampai kelas 5 KUI.

Program ini dilaksanakan di pagi hari setelah program muhadatsah shobahiyah selesai dengan durasi waktu ± 15 menit. Adapun pembagian jadwal idza’ah yaitu hari sabtu-senin untuk santri putra dan hari selasa-kamis untuk santri putri.

4. Ilqo Mufradat

Ilqo mufradat atau pemberian kosa kata dilakukan setiap hari sebelum atau sesudah shalat ashar. Program ini bertujuan untuk menambah perbendaharaan kosa kata santri. Adapun kosa kata yang diberikan berjumlah tiga kosa kata setiap harinya.

5. Mahkamah

Setiap santri yang bermasalah dengan bagian bahasa (tidak berbahasa resmi) akan dipanggil dan diberikan hukuman di malam hari setelah kegiatan belajar malam. Program ini bertujuan agar santri mematuhi aturan-aturan berbahasa yang ada juga sebagai pembelajaran agar mereka mau berbicara bahasa resmi setiap harinya.

6. Broadcast 

Program ini tidak jauh berbeda dengan program idza’ah shobahiyah. Yang membedakan hanyalah bahasanya saja. Broadcast itu siaran dalam bahasa Inggris sedangkan idza’ah itu siaran dalam bahasa Arab. 

Tujuannyapun tidak jauh berbeda yakni untuk melatih para santri agar mereka terbiasa mendengarkan bahasa Inggris yang baik dan benar. Ia juga melatih mental santri untuk berbicara di depan banyak orang.

7. Muraja’ah Lailiyah

Program ini membantu santri untuk mengingat kembali kosa kata yang telah diberikan kepada mereka baik kosa kata yang diberikan hari itu maupun yang diberikan hari sebelumnya.

B. Kegiatan Mingguan

1. Darsul Idhofi

Program ini diadakan 2 kali dalam satu minggu, yaitu pada hari sabtu dan minggu. Adapun materi yang diajarkan pada program ini yaitu bahasa Arab untuk kelas 1 KUI dan kelas 1 INT semester 1 dan bahasa Inggris untuk kelas 2 KUI dan kelas 1 INT semester 2, dengan mengambil referensi buku negara. Didalamnya, santri diajarkan dan dikenalkan kaidah-kaidah kebahasaan baik dalam bahasa Arab maupun bahasa Inggris. Dalam hal ini LAC bertugas mengontrol CLI yang memberikan materi dan LAC menyiapkan materi selama satu tahun ajaran.

2. Tasyjiul Lughah

Program ini diadakan sekali dalam satu minggu, yaitu pada hari Jum’at pagi. Materi yang diajarkan pada program ini lebih mengarah kepada permainan dan sebagainya. Seperti pemberian motivasi, watching, sing a song, drama berbahasa dan lain sebagainya. Ini dilakukan supaya santri lebih tertarik dan lebih giat dalam belajar bahasa Arab dan Inggris, dan juga agar menghilangkan kesan bahwa belajar bahasa asing itu sulit.

3. Taqwim Usbu’iyah

Program ini merupakan arahan langsung dari Bapak Pimpinan. Beliau menginginkan agar dibuat sebuah evaluasi percakapan antara anak baru dengan anak lama. Ini bertujuan agar santri baru bisa belajar dari kakak kelasnya tentang bagaimana cara berbahasa Arab yang benar – bahasa Arab lebih diutamakan untuk anak baru – dan santri lama bisa belajar dan mengingat kembali apa yang telah dipelajari sebelumnya.

Program ini diadakan 1 kali dalam dua minggu, yaitu pada hari rabu, dan dilaksanakan secara bergiliran antara putra dan putri setiap minggunya.

4. Language Community

Language community adalah salah satu program bahasa Inggris yang dilatih langsung oleh Mr Jay. Program ini bertujuan untuk melatih kemampuan kita dalam berbahasa Inggris, khususnya dalam practicing. 

 Program ini diadakan 1 kali dalam seminggu, yaitu pada hari senin sore untuk putra, dan hari rabu sore untuk putri.

C. Kegiatan Bulanan

1. Ujian Mufradat Bulanan

Program ini bertujuan untuk mengevaluasi kemampuan santri dalam menghafal kosa kata yang telah diberikan setiap harinya. Jadi tidak ada alasan untuk santri tidak menghafal kosa kata yang telah diberikan.


Mungkin itu gambaran dari daftar kegiatan bahasa yang ada di Pondok Pesantren Darussalam. Kami berharap semua kegiatan-kegiatan ini bisa mempermudah santri untuk bisa memajukan bahasa dan membiasakan santri dalam berbicara bahasa resmi di pondok.


Terakhir diperbarui Sabtu, 27 April 2024