Jalan Irian No. 20 RT 05 RW 02 085223995063 info@darussalamkasomalang.sch.id

Pagelaran Seni Santri Pondok Pesantren Darussalam Kasomalang

Kamis, 16 April 2020 | Berita | ditulis oleh Administrator 2225 | 0

Minat dan bakat merupakan apa yang ada pada pribadi setiap orang. Banyak sekali bakat yang dimiliki setiap orang hanya saja ada yang berkembang dan ada yang tetap terpendam khususnya bagi anak-anak yang masih dalam masa pengembangan dan pembentukan. Salah satu dari kegiatan untuk mengembangkan minat dan bakat seseorang adalah dengan mengikuti kegiatan ekstarkulikuler, baik itu dalam bidang kesenin, olahraga, bahasa, pramuka dan yang lainya.

Pondok Pesantren Darussalam adalah salah satu pondok yang mendidik dan mengajarkan santrinya agar selalu berkembang dan mengembangkan bakat yang dimiliki sehingga para santri tidak bingung dan mampu aktif juga kreatif. Salah satu diantara banyak cara agar para santri di Pondok Pesantren Darussalam Kasoamalang termotivasi untuk mengembangkan minat dan bakatnya adalah dengan mengadakan acara pagelaran seni seperti arena gembira, art show, pekan olahraga dan seni (PORSENI), panggung gembira (PG), lomba pidato (musabaqoh khitobah), language olimpiade (olimpiade bahasa) dan lain sebagainya.

Pagelaran seni sebagaimana tersebut merupakan kegiatan rutin yang diadakan setiap tahunnya dengan mendorong para pengurus Organisasi Pelajar Pondok Pesantren Darussalam (OPPD) yang terdiri dari santri kelas 5 Kulliyatuhl-‘Ulum al-Islamiyyah (KUI) dan 2 Intensif atau kelas 2 Aliyah sebagai panitia pelaksana dengan bimbingan dari para Ustadz dan Ustadzahnya dengan tujuan membentuk mental dan melatih mereka agar mampu mengadakan dan melaksanakan kegiatan baik dalam hal admisnistratif maupun lapangan dengan melibatkan santri-santri lainnya untuk mensukseskan pelaksanakan kegiatan yang dimaksud. Dalam pelaksanaannya para santri dituntut agar aktif, kreatif dan imajinatif sehingga dengan bebas mampu mengeluarkan ide-idenya dan lebih mengebangkan bakatnya.

Pagelaran seni ini diadakan guna menjadi ajang dalam mengekspresikan bakat dan minat santri yang sudah dipelajari baik itu dalam bidang kesenian, olahraga, pramuka, bahasa dan yang lainnya. Seluruh kegiatan dilaksanakan dengan sungguh-sungguh dan  tertib dimulai dari penyusunan proposal hingga laporan akhir, hal ini bertujuan agar para santri dapat berfikir secara sistematis dan dewasa. Dengan mengadakan banyak kegiatan tersebut kami bertujuan untuk memotivasi para santri agar ikut aktif dalam meramaikan kegiatan-kegiatan tersebut yang mana di dalamnya tentu dibutuhkan minat dan bakat dari setiap orang, sehingga para santri dapat semangat dan aktif dalam mengikuti kegiatan ekstarkulikuler di pesantren serta mampu mengadakan dan melaksanakan pagelaran seni dengan lebih hebat dari sebelumnya.

Terakhir diperbarui Rabu, 24 April 2024