Jalan Irian No. 20 RT 05 RW 02 085223995063 info@darussalamkasomalang.sch.id

Belajar malam ala Pondok Pesantren Darussalam Kasomalang

Rabu, 15 April 2020 | Berita | ditulis oleh Administrator 3350 | 0

Program Belajar Malam (PBM) merupakan kegiatan yang sudah menjadi kebiasaan dan keharusan bagi santri pondok pesantren Darussalam Kasomalang untuk di ikuti. Program ini mendorong agar para santri agar mengulang pelajaran di hari yang sama dan mempersiapkan pelajaran untuk keesokan harinya. Demi mendorong sukesnya program yang istimewa ini dan dapat mengkoordinir program belajar malam, Maka dibuatlah koordinator belajar malam.

Program belajar malam dilaksanakan setiap malam hari kecuali malam Jum’at, dimulai dari pukul 20.00 – 21.30 dan hari Jum’at malam dari pukul 20.00 – 21.00. Mengapa hari Jum’at malam ini berbeda dengan hari lainnya? Karena, hari Jum’at adalah hari libur di pondok pesantren Darussalam Kasomalang. Seluruh santri wajib mengikuti program ini, kecuali piket malam (waktu istirahat), dan jika ada program pondok yang mengambil waktu belajar malam, maka telah melalui izin Koordinator PBM. Lalu, Siapakah yang menemani belajar malam santri? wali kelas lah yang berperan sebagai pendamping sekaligus pembimbing yang akan menemani para santrinya belajar. Mengetahui wali kelas juga memiliki kesibukan lainnya maka hanya diwajibkan masuk kelas 4 kali dalam seminggu. Dari koordinator program inipun memfasilitasi wali kelas dengan beraneka kopi agar wali kelas dapat nyaman dan santai menemani belajar para anggotanya.

Sengaja dari koordinator belajar malam memilih wali kelas yang berperan pada program belajar malam ini, agar wali kelas juga bisa mengetahui bagaimana kemampuan para anggotanya. Disamping itupun wali kelas bisa memotivasi anggotanya yang kurang semangat dalam belajar bahkan mungkin sampai bisa menggali apa faktor kemalasannya.

  1.  Waktu Program Belajar Malam

    Dilakukan setiap hari kecuali malam Jum’at dimulai pukul 20.00 – 21.00 dan malam sabtu 20.00 – 21.00. Berlangsungnya program ini adalah 1 jam 30 menit (1 ½ jam) dengan rincian sebagai berikut :

  • Malam biasa :

    5 menit awal   : penertiban, absen dan do’a
    30 menit           : mengulang pelajaran
    30 menit           : mempersiapkan pelajaran untuk esoknya / tugas – tugas
    25 menit           : evaluasi dengan wali kelasnya dan do’a penutup
 
  • Malam sabtu   :
    5 menit awal   : penertiban, absen dan do’a
    30 menit           : mempersiapkan pelajaran untuk esoknya / tugas – tugas
    25 menit           : evaluasi dengan wali kelasnya dan do’a penutup
          
        2.  Peraturan, Tindakan dan Yang terlibat

               Berikut Peraturan kegiatan belajar malam :

  • Jam 20.05 setiap kelas harus sudah rapih dan membaca do’a untuk mulai belajar.
  • Seluruh santri wajib belajar dikelasnya masing-masing
  • Santri yang berhalangan tidak ikut belajar malam harus ada izin dari koordiantor belajar malam.
  • Tidak diperkenankan kelas gaduh, sehingga menggangu yang lain
  • Ketua kelas wajib mengambil absen dan mengembalikannya setelah selesai belajar.

Selanjutnya yang terlibat dalam program ini tentunya seluruh santri kemudian wali kelas dan juga sebagian pengurus dengan rincian :

  • Seluruh santri      : peserta program ini
  • Wali kelas               : pembimbing
  • Pengurus                : piket zona (penertib)


Karena wali kelas berperan berkewajiban untuk mengontrol, Maka dari itu wali kelas benar-benar dituntut untuk memahami para anggotanya. Beberapa manfaat dan hasil dari program belajar malam ialah Pertama, santri dapat lebih mempersiapkan diri untuk sekolah esok harinya. Mulai dari kesiapan peralatan, keilmuan, dan beberapa tugas yang diberikan oleh guru setiap mata pelajaran. Kedua, lebih dekat dengan wali kelas. Dengan harapan, para santri dapat mempersiapkan segala sesuatunya untuk sekolah pagi hari. Wali kelas diperbolehkan untuk mengevaluasi belajar anggotanya jika memang ditemukan aduan dari guru mapelnya, baik dari kesemangatan belajar dan alasan mengapa sampai tugas tidak dikerjakan.

Koordinator Belajar Malam, April 2020
Terakhir diperbarui Senin, 22 April 2024