Jalan Irian No. 20 RT 05 RW 02 085223995063 info@darussalamkasomalang.sch.id

Laundry di Pondok Pesantren Darussalam Kasomalang? Kenapa tidak ?

Rabu, 15 April 2020 | Berita | ditulis oleh Administrator 1934 | 0

Alhamdulillah, Pondok Pesantren Darussalam dengan pengalaman yang sudah berdiri lama sejak 1985, insya Allah menjadi pilihan alternative tempat mencari Ilmu dan membina akhlak. 

Pondok Pesantren Darussalam sudah puluhan tahun berpengalaman dalam mendidik putra-putri usia golden age setingkat Madrasah Tsanawiyah /SMP dan Madrasah Aliyah /SMA dengan system asrama, pendisiplinan dan pembelajaran dari Nol. Dilengkapi dengan praktik Bahasa asing (Arab-Inggris) sehari-hari serta berbagai kegiatan pendidikan dan pembelajaran lainya, seperti Pramuka, Komputer, Pidato, Olahraga, Ekstrakurukuler dan berbagai pelayanan.

Bila kita tinjau dari system pesantren, yang didalamnya selalu terdapat pendidikan kedisiplinan dan kemandirian dalam hal apapun, baru-baru ini Pondok Pesantren Darussalam mengadakan pelayanan berupa Laundry, yang mana dikhususkan untuk santri baru yang bersifat wajib. Hal ini dilakukan bukan tanpa sebab, seiring berkembangnya system dan kebijakan dalam melaksanakan kegiatan di Ponpes Darussalam, bahwa berdasarkan kebijakan Bapak Pimpinan Ponpes Darussalam, santri baru difokuskan untuk belajar saja, tanpa harus memikirkan cucian banyak, kapan nyucinya, bagaimana menjemurnya kalau hujan dan lain sebagainya. Program pelayanan laundry diadakan bukan untuk mamanjakan santri sehingga proses kemandirian santri menjadi lambat, akan tetapi diadakannya pelayanan Laundry ini dimaksudkan untuk mengurangi kekhawatiran santri baru akan kebutuhan pokoknya yang akan berdampak pada kurang fokusnya santri dalam belajar, disamping itu laundry juga di tujukan pada pencegahan penyakit santri yang biasa satri sebut dengan Jarban (gatal-gatal pada kulit), yang mungkin sebagian besar diakibatkan oleh baju kotor atau yang kurang bersih ketika mencucinya, sehingga tumbuh bakteri dan kuman dalam pakaian santri tersebut.

Pembayaran laundrypun sudah termasuk pada SPP (Iuran Bulanan) yang mana setiap santri diberi jatah dalam 1 bulan 12Kg, sehingga ketika santri melakukan transaksi laundry, santri tidak harus membayar lagi karena sudah dibayar diawal bulan dalam SPP tersebut, terkecuali bagi santri yang menghabiskan jatah 12kg sebelum habis bulan, maka ketika akan melakukan transaksi, santri diharuskan membayar kembali sesuai harga yang sudah ditetapkan yaitu laundry normal (waktu proses 2 hari, Rp. 6000/kg) dan Laundry Express (1 hari proses, 10,000/kg), dan bagi santri yang tidak menghabiskan jatah 12kg dalam satu bulan itu, maka sisa laundry tersebut “hangus” tidak dapat ditambahkan kedalam jatah laundry bulan berikutnya.

Alhamdulillah, Program Laundry yang diadakan di Ponpes Darussalam sebelumnya telah bekerja sama dengan Laundry yang berada di Bandung, sehingga prosedurnya pun tidak jauh berbeda, mulai dari teknis pengerjaan dan standar fasilitas yang insya Allah baik. Besar harapan kami selaku pengurus di Pondok Pesantren Darussalam, dengan program baru ini yang bertujuan sebagaimana yang sudah dipaparkan diatas, dapat meningkatkan kualitas santri-santri kita dan pulang dengan membawa bekal ilmu dan pengalaman yang bermanfa’at, minimal untuk dirinya dan orang tuanya dan maksimal untuk masyarakat luas.

Terakhir diperbarui Senin, 22 April 2024